sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Awas, Makan Mie Instan Tanpa Direbus Berbahaya Bagi Kesehatan

Awas, Makan Mie Instan Tanpa Direbus Berbahaya Bagi Kesehatan



Jakarta – Mie instan telah menjadi satu jenis makanan yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Mie instan tersebut kerap dinikmati untuk hidangan utama atau bahkan untuk sekedar pengganjal perut.
Awas, Makan Mie Instan Tanpa Direbus Berbahaya Bagi Kesehatan
Namun demikian, karena dorongan untuk ‘ngemil’ yang begitu tinggi, tak jarang mie instan dikonsumsi begitu saja tanpa dimasak terlebih dahulu. Mia instan diremukkan terlebih dahulu, lalu bumbunya dicampurkan dan kemudian langsung disantap.

Namun demikian, tahukah anda bahwa mengkonsumsi mie instan tanpa direbus ternyata bisa mendatangkan keburukan bagi tubuh kita?

Daam mie instan, terdapat beberapa bahan tambahan yang digunakan untuk menambah rasa dan memperindah tampilannya. Beberapa bahan tersebut antara lain adalah penguat rasa, pewarna makanan, serta bahan yang mungkin sudah akrab ditelinga anda, yakni monosodium glutamate (MSG).


Baca juga

Awas, Anak Muda Rawan Terserang Gangguan Kejiwaan Ini

Bahan-bahan tersebut sejatinya masih diperbolehkan masuk ke dalam tubuh kita dalam jumlah yang normal. Namun demikian, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya tanpa melalui proses pelarutan, atau dengan kata lain, proses merebus.

“Mi instan seharusnya tidak dimakan mentah. Anjurannya memang harus diseduh atau direbus agar zat alami bisa larut dan aman dimakan,” terang Dr dr Rini Sekartini Sp.AK, dokter Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Mengkonsumsi mie instan tanpa dimasak bisa meningkatkan resiko efek samping dari bahan-bahan tadi. Efek jangka pendeknya adalah masalah pencernaan, sementara efek jangka panjangnya adalah memicu kanker. (Deni Suroyo – sisidunia.com)