Home » Ekonomi & Bisnis » Penurunan Harga Solar Harus Memberikan Manfaat Bagi Nelayan

Penurunan Harga Solar Harus Memberikan Manfaat Bagi Nelayan



Jakarta – Penurunan harga solar dinilai sebagai langkah tepat untuk mengurangi biaya produksi atau modal yang ditanggung oleh para nelayan ketika akan mencari ikan di laut. Dengan langkah ini, diharapkan margin keuntungan dari para nelayan ataupun pengusaha tambak bisa semakin meningkat.
Penurunan Harga Solar Harus Memberikan Manfaat Bagi Nelayan
Logika simpel inilah yang tengah diserukan oleh Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Riza Damanik. Lebih jauh, ia juga menilai bahwa penurunan harga solar saja belum mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan pemerintah agar penurunan harga solar bisa memberikan manfaat yang maksimal kepada nelayan.


Baca juga

Harga Emas Antam Hari Ini, Jumat 9 Oktober 2015

Menurut Riza, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengendalikan harga kebutuhan pokok yang saat ini sudah terlanjur naik dan tentunya sangat sulit untuk turun. Kedua, menjaga tata niaga dari produk perikanan agar tidak merugikan nelayan sebagai “garda depan” bisnsi perikanan nasional.

Selanjutnya, langkah ketiga adalah menjaga kontinuitas pasokan solar ke kampung-kampung nelayan tradisional di seluruh Indonesia. Lalu yang keempat, pemerintah juga diharapkan mampu memperkenalkan teknologi-teknologi baru dalam penangkapan ikan sehingga nelayan mampu bekerja lebih efektif dan efisien, terutama dalam rangka penghematan BBM saat melaut. (Deni Suroyo – sisidunia.com)