sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Media Barat Sebarkan Berita Palsu Tentang Serangan Rusia di Suriah

Media Barat Sebarkan Berita Palsu Tentang Serangan Rusia di Suriah



Moskow – Beberapa waktu yang lalu, beredar sebuah pemberitaan yang mengatakan bahwa serangan udara Rusia di Kota Homs, Suriah, telah menewaskan 33 orang warga sipil, termasuk tiga orang anak-anak. Ternyata, kebenaran dari berita ini masih sangat diragukan.
Media Barat Sebarkan Berita Palsu Tentang Serangan Rusia di Suriah
Seperti dilansir dari Russia Today (Kamis, 8/10/2015), berita tersebut pertama kali diangkat oleh sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) bernama White Helmets, melalui sebuah tweet yang dipublikasikan dalam akun @SyriaCivilDef. Dalam tweetnya, NGO tersebut juga menampilkan foto seorang pria yang sedang memeluk anaknya yang tengah terluka.

Belakangan, diketahui bahwa foto tersebut adalah foto palsu, yang diambil lima hari sebelumnya. Foto tersebut pertama kali diunggah ke dunia maya oleh media Syrian Network, yang memiliki akun @SNHR.

Foto tersebut memang diambil di Homs, Suriah. Namun demikian, korban sipil tersebut bukan akibat dari serangan Rusia, melainkan serangan dari Pemerintah Suriah sendiri, yang tanpa sengaja menyebabkan korban tambahan.

Kabar terbaru juga mengatakan bahwa White Helmets bukanlah sebuah lembaga yang benar-benar NGO. Sebab, organisasi ini diduga kuat memperoleh pendanaan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, menyampaikan dalam sebuah konferensi pers pada Selasa, 6 Oktober 2015, bahwa dirinya tidak heran dengan pemberitaan palsu, “hoax”, dan negatif yang terus disebarkan oleh media-media Barat untuk menyudutkan Rusia. Bahkan, berita tersebut sudah beredar luas ejak sebelum Rusia meluncurkan jet-jet tempurnya di SUriah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)