Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Premium Tetap, Solar Turun Rp 200

Harga Premium Tetap, Solar Turun Rp 200



Jakarta – Menurunnya harga minyak dunia, serta menguatnya nilai tukar rupiah jelas berimbas pada harga jual bahan bakar minyak yang disediakan Pertamina. Namun harga BBM jenis premium saat ini tidak ikut turun karena beberapa situasi yang tengah dihadapi Pertamina.

Harga Premium Tetap, Solar Turun Rp 200

Menurut Sudirman Said selaku Menteri ESDM, harga premium tidak ikut turun karena berdasarkan perhitungan harga keekonomian belum bisa diturunkan.

Sudirman melanjutkan apabila terjadi efisiensi dan nilai tukar rupiah terus menguat, harga premium mungkin bisa disesuaikan. Karena menurutnya harga BBM saat ini sudah tidak bersubsidi.

Sementara itu untuk saat ini harga BBM yang turun ialah jenis Solar yang turun sejumlah Rp. 200 menjadi Rp. 6.700 dari sebelumnya Rp. 6.900. Harga baru tersebut akan mulai berlaku tiga hari setelah diumumkan.

Jenis lain yang mengalami penurunan harga adalah Pertalite, yang turun 1,2% dari Rp. 8.400 menjadi Rp. 8.300. Sementara Pertamax turun menjadi Rp. 9.000 dari Rp. 9250. Harga tersebut mulai berlaku sejak 1 Oktober lalu. (Rani Soraya – sisidunia.com)