Home » Ekonomi & Bisnis » Inilah yang Menjadi Penyebab Rupiah Menguat Tajam dalam Beberapa Hari

Inilah yang Menjadi Penyebab Rupiah Menguat Tajam dalam Beberapa Hari



Jakarta – Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat dalam beberapa hari terakhir. Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro, pun menjelaskan apa penyebab pergerakan positif yang sedang dialami oleh mata uang garuda tersebut.
Inilah yang Menjadi Penyebab Rupiah Menguat Tajam dalam Beberapa Hari
“Kepastian AS untuk menaikkan tingkat bunga makin lama makin kecil, bahkan kemungkinan lebih besar (suku bunga naik) pada 2016. Itu yang membuat semua mata uang menguat dan rupiah yang sangat ‘undervalue’ menguat,” jelas Bambang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (06/10/2015).


Baca juga

Yusril Ihza Mahendra Sindir Jokowi Terkait Data PHK yang Tidak Akurat

Menurut Menkeu, isu kenaikan dari suku bunga The Fed akan mereda hingga penutupan tahun 2015. Meski demikian, isu ini diprediksi akan muncul kembali di tahun 2016 apabila perekonomian AS kembali menguat.

“Perkiraannya sampai isu kenaikan suku bunga The Fed muncul lagi (tahun depan), kalau sekarang isunya hilang dulu,” imbuh Menkeu.

Menkeu pun menilai bahwa penguatan rupiah juga dipengaruhi oleh kondisi dalam negeri, dimana terjadi penurunan permintaan dolar AS dalam jumlah yang cukup besar. Kondisi ini bisa sedikit memberikan “nafas” kepada rupiah untuk secara perlahan bergerak naik di pasar valuta asing. (Deni Suroyo – sisidunia.com)