Home » Gaya Hidup » Cacing Pemakan Plastik Ini Bisa Menjadi Jalan Keluar Permasalahan Sampah di Dunia

Cacing Pemakan Plastik Ini Bisa Menjadi Jalan Keluar Permasalahan Sampah di Dunia



Jakarta – Sampah merupakan “sahabat” terdekat manusia ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Mulai dari sampah organik sampai non-organik selalu dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia terutama di zaman yang semakin modern ini.
Cacing Pemakan Plastik Ini Bisa Menjadi Jalan Keluar Permasalahan Sampah Di Dunia
Beragam cara pun dilakukan untuk mengatasi masalah persampahan di seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan melakukan daur ulang, terutama untuk sampah yang tidak bisa hancur secara alami, seperti misalnya plastik.

Namun demikian, tampaknya kampanye untuk mendaur ulang sampah tersebut masih dianggap kurang efektif untuk mengatasi masalah persampahan. Oleh karena itu, berbagai inovasi pun terus dikembangkan untuk mengatasi masalah pelik tersebut. Salah satu yang terbaru adalah dengan menggunakan cacing pemakan plastik.
Cacing Pemakan Plastik Ini Bisa Menjadi Jalan Keluar Permasalahan Sampah Di Dunia
Cacing pemakan plastik tersebut dikenal dengan nama ‘mealworm’. Cacing yang merupakan larva dari salah satu jenis kumbang ini merupakan hasil rekayasa genetika dari sekelompok ilmuwan di Inggris.


Baca juga

Bagaimana Cara Mengenali Pria Yang Suka Selingkuh ? Lihat Bentuk Wajahnya !

Ternyata Ini yang Menyebabkan Anda Kaget Saat Tidur

Hasilnya, cukup fantastis. Sekitar 100 ekor cacing ternyata bisa melahap habis sampah jenis styrofoam, dan mengubahnnya menjadi kotoran yang berukuran sebesar pil dalam kisaran durasi 24 jam. Kotoran tersebut pun bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos.

Belum dijelaskan secara terperinci mengenai bagaimana pengaplikasian cacing mealworm tersebut dalam keadaan nyata, dimana sampah jenis plastik bisa menumpuk hingga berton-ton. Meski demikian, penemuan ini bisa menjadi awal bagi alternatif metode untuk menanggulangi masalah sampah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)