Home » Gaya Hidup » Jam Kerja Karyawan di Hongkong Lebih Mengerikan Dibanding di Indonesia

Jam Kerja Karyawan di Hongkong Lebih Mengerikan Dibanding di Indonesia



Jakarta – Secara umum, pekerja atau karyawan di Indonesia menghabiskan waktu bekerja selama 40 jam dalam satu pekan, yang berarti 1.920 jam per tahun. Jam kerja tersebut sudah sangat wajar untuk ukuran masyakarat Indonesia.
Jam Kerja Karyawan di Hongkong Lebih Mengerikan Dibanding di Indonesia
Namun demikian, di beberapa negara, durasi jam kerja yang ditentukan oleh pemerintah atau perusahaan justru relatif lebih singkat dibandingkan dengan jam kerja di Indonesia.

Seperti dilansir dari CNN (Sabtu, 3/10/2015), salah satu contoh negara yang jam kerjanya lebih singkat dari Indonesia adalah di Perancis. Para pekerja dan karyawan di Perancis hanya bekerja selama 1.604 jam per tahun. Artinya, mereka hanya bekerja 35 jam per minggu.

Sejumlah negara, terutama negara-negara maju, memilih untuk memperpendek jam kerja harian, mingguan, dan tahunan mereka dengan tujuan untuk menciptakan suatu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi atau keluarganya. Dengan begitu, akan terbentuk sebuah gaya hidup yang lebih sehat secara jasmani dan rohani. Hasil akhirnya tentu adalah peningkatan produktivitas dari tiap individu.

Namun demikian, ada pula negara maju yang memiliki jam kerja lebih tinggi dari Indonesia. Negara tersebut adalah Hong Kong. Daerah Administratif Khusus dari China ini memiliki durasi jam kerja selama 50 jam per minggunya, atau sama dengan 2.606 jam per tahun. Kota ini memang dikenal sebagai kota terberat bagi karyawan dan pekerja. (Deni Suroyo – sisidunia.com)