sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Tips Membuat Hidangan Sarapan yang Sederhana Namun Bernutrisi Tinggi Bagi Anak

Tips Membuat Hidangan Sarapan yang Sederhana Namun Bernutrisi Tinggi Bagi Anak



Jakarta – Masalah obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga kerap terjadi pada anak-anak. Masalah obesitas pada anak sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi sarapan yang bergizi lengkap dan seimbang sebelum memulai aktivitas di sekolah.
Tips Membuat Hidangan Sarapan yang Sederhana Namun Bernutrisi Tinggi Bagi Anak
Sarapan yang baik, harus bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi anak. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Terpenuhinya seluruh komponen gizi tersebut, dapat mengakibatkan peningkatan konsentrasi, daya ingat, dan bisa membantu anak untuk meningkatkan prestasi di sekolahnya.

Fiastuti Witjaksono , spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, menjelaskan bahwa karbohidrat dan lemak adalah sumber tenaga, protein berperan dalam pertumbuhan tulang anak, vitamin dan mineral yang berasal dari buah dan sayur berfungsi untuk menyehatkan sistem pencernaan serta fungsi organ lainnya.

Namun demikian, jika orang tua tidak sempat mempersiapkan sarapan dengan gizi lengkap semacam itu, Fiastuti memiliki saran lainnya.

“Jika orangtua tidak memiliki waktu untuk memasak sarapan buat anak, mengonsumsi sereal dengan susu juga dapat memenuhi kebutuhan akan sarapan bergizi anak usia sekolah,” ujar Fiastuti ketika berbicara dalam acara diskusi media bersama Rainbow Hoops, yang berlangsung di Kawasan Senayan, Kamis (1/10/2015).

Untuk memenuhi asupan vitamin, bisa didapatkan dengan menambahkan buah-buahan ke dalam sereal dan susu tadi. Buah yang bisa dipilih contohnya adalah pisang.

“Tak perlu banyak-banyak. Cukup semangkuk kecil sereal dicampur susu, lalu masukkan potongan buah pisang setengah porsi ke dalamnya. Anak kenyang, dan keinginan mereka untuk jajan akan berkurang,” jelas Fiastuti.

Dengan berkurangnya keinginan anak untuk jajan di sekolah, maka hal tersebut juga bisa mengurangi potensi obesitas pada anak. (Deni Suroyo – sisidunia.com)