Home » Gaya Hidup » Percayakah Anda, Cuci Piring Ternyata Bisa Meredakan Stres

Percayakah Anda, Cuci Piring Ternyata Bisa Meredakan Stres



Jakarta – Mencuci piring mungkin merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang sudah biasa anda lakukan. Namun, jangan anggap remeh kegiatan yang satu ini.
Percayakah Anda, Cuci Piring Ternyata Bisa Meredakan Stres
Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa kegiatan mencuci piring bisa menurunkan tingkat stres anda secara signifikan. STudi tersebut dilakukan oleh Florida State University.

Seperti dilansir dari Time (Jumat, 2/10/2015), para peneliti di kampus tersebut meminta 51 orang mahasiswa untuk mencuci piring. Sebelum memulai mengerjakan aktivitas tersebut, separuh mahasiswa diinstruksikan untuk mencuci piring dengan cara dinikmati, sementara spearuh sisanya diperintahkan untuk mencuci piring dengan tergesa-gesa.

“Saya sangat tertarik untuk mengetahui apakah ktivitas sehari-hari dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran sehingga mampu timbulkan rasa sejahtera pada orang tersebut,” tutur salah seorang peneliti dari program Psikologi, Florida State University.


Baca juga

Gaya Model Hijab Yang Trendy Dan Stylish Untuk Wanita Muda

Kisah Tragis di Balik Kenikmatan Kopi Luwak

Peneliti pun memperoleh temuan yang mengatakan bahwa mencuci piring sambil dinikmati, misalnya merasakan harum segar aroma sabun, merasakan aliran air, menyentuh spons dan mengusapnya ke piring dan gelas, bisa menurunkan rasa stres dan grogi sebesar 27 persen, dan meningkatkan inspirasi sebesar 25 persen.

Sementara itu, kelompok mahasiswa yang mencuci piring dengan tergesa-gesa tidak mendapatkan manfaat apapun.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa kegiatan sehari-hari, tak hanya mencuci piring, bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran pikiran kita, yang berujung pada peningkatan ketentraman hidup. (Deni Suroyo – sisidunia.com)