Home » Gaya Hidup » Kisah Tragis di Balik Kenikmatan Kopi Luwak

Kisah Tragis di Balik Kenikmatan Kopi Luwak



Jakarta – Siapa tak kenal dengan Kopi Luwak? Kopi asli Indonesia ini dinobatkan sebagai kopi termahal dunia. Rasanya pun sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Kisah Tragis di Balik Kenikmatan Kopi Luwak

Tapi tahukah Anda jika dibalik kenikmatan yang Anda rasakan ketika mengonsumsi kopi ini terdapat penderitaan para luwak?

Boomingnya permintaan akan kopi luwak baik dari dalam maupun luar negeri telah merubah cara para petani mendapatkan kopi jenis ini.

Luwak pada dasarnya adalah hewan pemalu yang hidup secara soliter di hutan serta aktif di malam hari. Namun saat ini, para produsen kopi luwak menangkapi luwak-luwak tersebut dan mengurungnya dalam kandang yang berdekatan alih-alih mengumpulkan biji kopi luwak di hutan seperti sebelumnya.


Baca juga:

Hari Batik Nasional : Kisah Sedih Pengrajin Batik
Apakah Anda Wanita Berzodiak Gemini ? Kemungkinan Anda Sulit Mendapatkan Jodoh

Luwak yang terbiasa hidup soliter dalam beberapa generasi ini pun menjadi stress. Belum lagi mereka dipaksa untuk mengonsumsi biji kopi dalam jumlah yang sangat besar melebihi kemampuan mereka. Tak heran jika sejumlah luwak akhirya mati dalam kandang.

Inilah alasan mengapa Anda harus berpikir dua kali jika ingin menikmati nikmatnya secangkir kopi luwak. Bayangkan berapa banyak luwak yang harus menderita demi kenikmatan sesaat yang akan Anda rasakan. (Yayan – sisidunia.com)