sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hari Batik Nasional: Presiden Joko Widodo Pamer Koleksi Ratusan Batik

Hari Batik Nasional: Presiden Joko Widodo Pamer Koleksi Ratusan Batik



Jakarta – Sejak batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, kini setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Masyarakat Indonesia, mulai dari pejabat hingga artis ibukota terlihat bersemangat memperingatinya dengan mengenakan batik.

Hari Batik Nasional: Presiden Joko Widodo Pamer Koleksi Ratusan Batik

Seakan tak mau ketinggalan, Presiden Joko Widodo juga tampil dengan batiknya hari ini. Mantan Walikota Solo tersebut mengungkap bahwa dirinya mengoleksi batik dari wilayah Aceh hingga ujung Papua.

Tapi sekali lagi saya menggunakan batik tiap hari, pakai batik dari Aceh sampai Papua ada sekarang,” ujarnya. Lantas saat disinggung berapa banyak koleksi batik yang dimiliki, Jokowi mengaku tidak pernah menghitung secara teliti. “Tidak pernah hitung, yang jelas ada ratusanlah,” jawabnya.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki motif batik yang sangat bervariasi dengan nilai seni yang tinggi. Bahkan total jumlah motif yang ada sudah mencapai ribuan. Oleh karena itu masyarakat Indonesia diharap lebih sering mengenakan batik agar dunia internasional lebih mengenal warisan budaya yang kita miliki.

Sedangkan untuk baju batik yang dikenakan sehari-hari, presiden RI ke-7 itu mengaku tidak pernah repot dan pilih-pilih mengenai desain. Apalagi ia juga mengaku tidak memiliki desainer khusus.

“Tidak ada (desainer khusus), hanya istri,” pungkasnya sambil tertawa. (Rani Soraya – sisidunia.com)