sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ternyata Soeharto Sedang Berada Disini Saat Jendral Dibantai 30 September 1965

Ternyata Soeharto Sedang Berada Disini Saat Jendral Dibantai 30 September 1965



Jakarta – Hingga kini misteri di balik peristiwa pembunuhan jenderal TNI-AD pada 30 September 1965 masih belum terkuak. Kebanyakan yang kita tahu adalah sejarah versi pemerintahan Orde Baru, yang menyebut Gerakan 30 September (G30S) adalah ulah dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Ternyata Soeharto Sedang Berada Disini Saat Jendral Dibantai 30 September 1965

Namun setelah reformasi terjadi, beberapa fakta di balik pembunuhan jenderal di Lubang Buaya mulai muncul ke permukaan. Ada banyak versi yang menjelaskan sejarah tersebut. Namun terlepas dari beragam versi sejarah yang tersebar, peristiwa G30S menjadi awal terbentuknya rezim Soeharto.

Di tahun 1965 Soeharto yang kala itu berpangkat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) berperan besar dalam mengatasi kekacauan. Namun Mayjend Soeharto baru bergerak menumpas PKI pada tanggal 1 Oktober 1965. Lantas dimana Soeharto saat malam kejadian peristiwa G30S?

“Tanggal 30 September 1965. Kira-kira pukul 21.00 WIB saya bersama istri saya (Siti Hartinah) berada di Rumah Sakit Gatot Soebroto,” tutur Soeharto yang dikutip dari buku otobiografi “Soeharto; Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya”.

Soeharto bersama istri mengantar putranya, Hutomo Mandala Putra (Tomy Soeharto) yang ketika itu masih berumur empat tahun. Menurut Soeharto, Tomy dirawat di rumah sakit karena tersiram kuah sup yang panas. (Rani Soraya – sisidunia.com)