sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Miris, Sekarang Ini Banyak Siswa yang Tidak Tahu G 30S/PKI

Miris, Sekarang Ini Banyak Siswa yang Tidak Tahu G 30S/PKI



Jakarta – Peristiwa Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia, atau yang dikenal juga dengan G30S/PKI, merupakan satu peristiwa nasional yang sangat berpengaruh terhadap sejarah bangsa Indonesia. Kendati demikian, ternyata masih banyak siswa SMA dan mahasiswa baru (Maba) di Kota Bandar Lampung yang belum memahami peristiwa tersebut.
Miris, Sekarang Ini Banyak Siswa yang Tidak Tahu G 30S/PKI
Para siswa SMA dan Maba tersebut hanya mengetahui sedikit saja soal PKI dari buku pelajaran di sekolah. Yang mereka ketahui, PKI adalah organisasi yang memiliki ideologi terlarang di Indonesia.

“Saya tahunya dari buku pelajaran sejarah di sekolah, juga cerita orang tua, bahwa PKI organisasi terlarang di Indonesia,” ujar Fitri, maba tahun 2015 di Universitas Lampung, Rabu (30/9). Fitri bahkan tak mengetahui persis soal tragedi pembunuhan para jenderal TNI dalam peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September tersebut.

Menurut Fitri, PKI merupakan kelompok yang memiliki jiwa komunis, dan kerap berperilaku tidak manusiawi terhadap siapa saja yang berseberangan faham dengannya.

Sementara itu, Shafira, siswi dari Madrasah Aliyah swasta di Metro, juga tidak tahu persis peristiwa 30 September tadi. Ia hanya tahu bahwa PKI adalah organisasi terlarang di Indonesia, yang bahkan dilarang untuk disebutkan namanya.

“Saya tahunya dari cerita orangtua saya. Soalnya, waktu di sekolah tidak pernah dijelaskan detil soal PKI. Pokoknya, PKI itu tidak boleh, terlarang,” ujar pelajar kelas III tersebut. (Deni Suroyo – sisidunia.com)