sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Ketika Berlibur Ke Tiongkok

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Ketika Berlibur Ke Tiongkok



Jakarta – Jika anda berlibur ke Tiongkok, anda sebaiknya benar-benar memperhatikan sikap anda. Sebab, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Negeri Tirai Bambu tersebut.
Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Ketika Berlibur Ke Tiongkok
Tiongkok memang sebuah negara yang masyarakatnya masih memegang erat tradisi kuno. Oleh karena itu, turis-turis yang mengunjungi negara ini juga harus mengikuti tata krama ataupun tradisi yang berlaku di sana.

Seperti dilansir dari Travelversed, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan turis di Tiongkok.

1. Jangan meletakkan sumpit dengan posisi tegak berdiri

Ketika mencicipi hidangan tradisional di Tiongkok, tentunya kita harus menggunakan sumpit. Satu hal yang perlu diingat, jangan meninggalkan atau meletakkan sumpit dalam keadaan berdiri tegak.

Posisi ini dianggap seperti posisi dupa yang digunakan untuk persembahan bagi orang meninggal. Memposisikan sumpit seperti ini setelah makan, akan dianggap sebaga hinaan kepada orang Tiongkok.

2. Jangan berbagi buah pir

Berbagi makanan merupakan salah satu tindakan yang mencerminkan kasih dan sayang kepada keluarga, pacar, ataupun teman. Namun di Tiongkok, berbagi pir dengan orang lain diartikan sebagai ucapan perpisahan.

Menurut tradisi Tiongkok, jika anda membagi buah pir kepada seseorang, maka hal tersebut menandakan bahwa anda tidak ingin bertemu lagi dengan orang tersebut.

3. Hindari segala jumlah pemesanan angka empat

Penduduk Tiongkok memiliki kepercayaan bahwa angka empat adalah angka pembawa sial. Serupa dengan kebudayaan barat yang menganggap angka 13 sebagai angka sial.

Oleh karena itu, jika anda memesan makanan atau minuman, usahakan jangan memesan dengan jumlah empat.

4. Jangan sembarang menaruh kartu nama

Ketika berkenalan dengan seseorang, kita kerap kali saling bertukar kartu nama. Kartu nama tersebut kemudian kita masukkan dompat dan memasukkannya ke saku belakang celana.

Hati-hati, kegiatan ini bisa diartikan tidak baik di Tiongkok. Menurut orang lokal, tindakan tersebut bisa diartikan bahwa anda berniat menduduki mereka. Sebab, kartu nama tersebut tersimpan di dalam dompet yang berada di saku belakang celana, yang tentunya ketika kita duduk, dompet tersebut akan ikut kita duduki juga.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)