Home » Gaya Hidup » Hobi Fotografi Ternyata Mampu Meningkatkan Memori Otak

Hobi Fotografi Ternyata Mampu Meningkatkan Memori Otak



Jakarta – Penelitian dari University of Texas, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kegiatan pasif, seperti bermain video game atau mendengarkan musik, hanya bisa memberikan sedikit manfaat terhadap perkembangan memori otak. Sebaliknya, kegiatan fotografi, menunjukkan hasil yang cukup signifikan dalam hal meningkatkan memori otak manusia.
Hobi Fotografi Ternyata Mampu Meningkatkan Memori Otak
Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 200 orang yang berusia sekitar 60 tahun. Partisipan tersebut dipisah ke dalam beberapa “goup testing”. Mereka diminta untuk fokus melakukan aktivitas yang diberikan oleh para peneliti selama kurang lebih 15 jam per minggunya.

Satu grup diberikan aktivitas belajar fotografi dengan menggunakan kamera digital dan software, grup berikutnya belajar membuat “quilt” dengan mesin jahit yang terkomputerisasi, grup lainnya ada yang belajar bermain video game, serta ada pula yang membaca, bercerita, dan pergi ke museum.

Menurut ketua penelitian ini, Dr. Denise Park, hanya grup yang belajar fotografi dan membuat “quilt” yang memperoleh perkembangan memori paling baik. Hal tersebut dikarenakan mereka mendapatkan tantangan mental yang berkepanjangan serta berkelanjutan.

“Pergi keluar dan melakukan sesuatu (aktivitas outdoor) ternyata tidak cukup, Anda harus keluar dan melakukan sesuatu yang tidak familiar untuk menantang mental Anda,” jelas Dr. Park lagi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)