Home » News » Putin Tegaskan Koalisi AS Tak Serius Perangi ISIS

Putin Tegaskan Koalisi AS Tak Serius Perangi ISIS



New York – Baru-baru ini, Presiden Rusia, Vladimir Putin, melontarkan kritik yang cukup pedas terkait upaya penanganan ancaman kelompok Islamic State of Iraq and SYria (ISIS). Kritiknya tersebut disampaikan dalam sidang umum PBB di New York, AS, yang berlangsung pada 28 September 2015 kemarin.
Putin Tegaskan Koalisi AS Tak Serius Perangi ISIS
Putin memang baru pertama kali ini mengikuti sidang umum PBB dalam 10 tahun terakhir. Dalam forum tingkat tinggi tersebut, ia menegaskan bahwa tidak ada pihak yang serisu dalam penanganan ancaman ISIS, kecuali Presiden Suriah, Bashar al Assad, dan pasukan militan Kurdi. Dukungan serangan udara yang dilakukan oleh Koalisi Anti-ISIS pimpinan AS pun dianggapnya tak serius mengatasi kelompok radikal tersebut.

Seperti dilansir dari New York Times (Senin, 28/9/2015), Putin juga mengatakan, adalah kesalahan besar bagi pihak internasional (Koalisi AS dan PBB) untuk menolak bekerja sama secara langsung dengan Pemerintah Suriah dan pihak militernya, dalam urusan penanggulangan ISIS. Sebab saat ini, merekalah yang gagah berani bertempur ‘face-to-face’ menghadapi ancaman teror ISIS yang bisa datang setiap saat.

Melihat keadaan ini, Putin pun menilau perlu adanya sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mengkoordinasikan langkah-langkah yang akan diambil untuk melawan ISIS. Dengan kata lain, Koalisi AS saja belum cukup, perlu ada kerja sama yang lebih luas lagi dari dunia internasional di bawah naungan DK PBB.

Pihak Rusia sendiri telah melakukan beberapa langkah yang cukup berani untuk mendukung pertempuran melawan ISIS. Dalam kurun waktu kurang lebih seminggu, Rusia telah mengirimkan selusin pesawat tempur jenis SU-24 Fencer, dan selusin lagi jet Su-25 Frogfoot, sistem persenjataan anti-pesawat tempur, drone, kendaraan lapis baja, dan beberapa prajuritnya ke wilayah Suriah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)