Home » Travel & Kuliner » Makanan Indonesia Bakal Jadi Kiblat Dunia

Makanan Indonesia Bakal Jadi Kiblat Dunia



Jakarta – Indonesia memiliki ragam makanan yang mungkin tak terbilang lagi jumlahnya. Dari Sabang sampai Merauke, setiap suku dan adat di Nusantara memiliki makanan khasnya masing-masing. Pakar kuliner Indonesia, William Wongso, bahkan berani mengatakan bahwa makanan Indonesia bakal menjadi kiblat bagi kuliner dunia.
Makanan Indonesia Bakal Jadi Kiblat Dunia
William mengatakan lagi bahwa meskipun bumbu-bumbu dasarnya kurang lebih serupa, namun hasil akhir kuliner Indonesia sangat kaya akan keberagaman. Bahkan, tak jarang pula bisa perbedaan masakan tersebut tergolong “ekstrim”, alias tidak nyambung sama sekali.

“Sering satu sama lainnya itu korelasinya enggak ada. Kalaupun ditelusuri, ada dasar-dasarnya cabai, bawang merah, bawang putih, itu ada kesamaan,” ungkapnya.

Namun demikian, secara internasional, makanan Indonesia memang masih kurang dikenal. Dalam ranah Asia saja, makanan Indonesia masih kalah tenar dari masakah Thailand, India, dan Vietnam.

Meski demikian, kuliner dunia sudah mulai memasuki titik jenuh. Sebagai contoh, masakan Perancis, yang merupakan salah satu masakan yang paling terkenal di dunia, mulai dianggap membosankan. Hal ini tak hanya dirasakan oleh para pecinta kuliner, tetapi juga oleh para chef kelas dunia. Keadaan ini juga dialami oleh masakan Italia.

“Kiblat acuan makanan itu arahnya ke daerah kita. Karena kalau kita bicara soal Perancis, itu sudah mentok. Yang mau dipelajari dari Perancis apanya lagi? Sudah tidak ada. Belajar dari Italia, enggak ada juga,” jelas William di Jakarta, Kamis (24/9/2015) lalu.

Menurut William, pertanyaan terbesar saat ini adalah bisakah masakan Indonesia berkembang dan mengambil posisi layaknya makanan Perancis? Atau dengan kata lain, menjadi kiblat kuliner internasional.

“Sumber alam itu kita mampu, yang kita belum mampu itu Indonesia belum berperan peta kuliner dunia. Belum ada red dot-nya,” tuturnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)