Home » Techno » Dituduh Memata-matai Penggunanya, Facebook Terancam Denda Rp 4 Milyar Per Hari

Dituduh Memata-matai Penggunanya, Facebook Terancam Denda Rp 4 Milyar Per Hari



Brussel – Belum lama ini, situs jejaring sosial Facebook kembali disangkutpautkan dengan kasus kriminal. Kali ini, media sosial terpopuler di dunia itu dituduh telah mematai-matai aktivitas penggunanya, sehingga mirip dengan kasus Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang dituduh telah memata-matai seluruh penduduk bumi.
Belum lama ini, situs jejaring sosial Facebook kembali disangkutpautkan dengan kasus kriminal. Kali ini, media sosial terpopuler di dunia itu dituduh telah mematai-matai aktivitas penggunanya, sehingga mirip dengan kasus Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang dituduh telah memata-matai seluruh penduduk bumi.
Gugatan tersebut dilayangkan oleh Komisi Privasi Belgia (BPC). Lembaga ini menuduh Facebook telah “menginjak-injak hukum dan perundangan privasi di Belgia, bahkan di Eropa”.

Menyampaikan kepada media Guardian, rederic Debussere, pengacara BPC, berkata, “Ketika terbongkar bahwa NSA memata-matai orang di seluruh dunia, semua orang gusar. Facebook pun melakukan hal yang sama, meskipun dengan cara yang berbeda.”

Dalam laporan gugatannya, BPC menyebutkan bahwa Facebook telah memata-matai penggunanya untuk tujuan komersial. Pihak facebook dikatan telah melacak pengguna yang log out dari situs tersebut, kemudian memanipulasinya untuk tujuan iklan.

BPC pun mengancam Facebook dengan tuntutan yang tidak main-main, yakni denda sebesar 250.000 euro per hari (sekitar Rp 4,1 miliar) bila media sosial ini tidak segera memberikan tanggapan serius. Tuntutan ini akan dicbaut bila Facebook telah terbukti secara sah tidak lagi mempraktikkan hal-hal yang digugatkan kepada mereka tadi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)