Home » News » Mencegah Islamphobia, Masjid Jerman Ajak Non Muslim untuk Turut Belajar

Mencegah Islamphobia, Masjid Jerman Ajak Non Muslim untuk Turut Belajar



Hamburg – Masjid Imam Ali, Hamburg, Jerman, akan mengajak masyarakat non-muslim untuk lebih mengenal Islam dengan mengadakan acara bertema “Pemuda Muslim di Jerman”, yang rencananya akan berlangsung pada 3 Oktober 2015 mendatang. Dibukanya acara ini untuk umum juga merupakan langkah untuk melawan penyebaran “Islamophobia”, atau ketakutan terhadap Islam.
Mencegah Islamphobia, Masjid Jerman Ajak Non Muslim untuk Turut Belajar
Perayaan tersebut diadakan bertepatan dengan hari penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur. Oleh karenanya, hari tersebut merupakan hari libur nasional.

Pusat kegiatan Islam di Hamburg (Islamic Centre Hamburg) merupakan pihak yang akan mengorganisir acara tersebut. Rencananya, acara tersebut akan dibuka sejak pukul 10.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Seperti dilansir dari Abna News (Senin, 28/9/2015), perayaan Pemuda Islam di Jerman tersebut akan meliputi acara wisata berkeliling masjid, pameran fotografi sejarah masjid, pameran kaligrafi dan kerajinan tangan bernuansa Islami, pameran buku dan majalah Jerman, serta bagi anak-anak, akan diadakan pula lomba musik tradisional.

Islamic Centre Hamburg, yang berkantor di Masjid Imam Ali, merupakan salah satu masjid dan organisasi Islam tertua di Jerman, bahkan di Eropa. Masjid ini telah berdiri pada tahun 1950-an, dan dibangun oleh imigran Iran yang bermukim di Jerman bagian utara.

Cendekiawan Iran, seperti Ayatollah Mohammad Mojtahed Shabestari, Mohammad Khatami, dan Ayatollah Beheshti, sempat mengunjungi dan berbagi ilmu di masjid ini. (Deni Suroyo – sisidunia.com)