sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Saat Tidur dengan Kondisi Gelap

Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Saat Tidur dengan Kondisi Gelap



Jakarta – Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar dari manusia. Namun demikian, tidak semua orang bisa memperoleh tidur dengan kualitas baik, meskipun mereka telah tidur dalam waktu yang cukup lama, misalnya 7-8 jam per hari. Bahkan, tak sedikit pula yang menderita gangguan tidur, atau disebut juga dengan istilah insomnia.
Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Saat Tidur dengan Kondisi Gelap
Salah satu cara efektif untuk memperoleh tidur yang berkualitas baik adalah dengan cara tidur di ruangan gelap. Mengapa demikian?

Tubuh manusia memiliki hormon yang bernama melatonin. Hormon ini berperan penting dalam mengendalikan siklus sirkadian (siklus bangun-tidur). Melatonin diproduksi oleh kelenjar pinel yang terletak di otak.

Produksi melatonin dirangsang oleh keadaan gelap, dan akan dikurangi pada keadaan terang di lingkungan. Normalnya, setiap hari otak kita akan senantiasa memproduksi melatonin, dengan puncaknya adalah pada malam hari sekitar pukul 09.00 – 10.00 malam. Saat jam-jam inilah manusia normalnya mulai merasa ngantuk. Produksi hormon ini akan terjadi secara teratur setiap hari untuk menjaga agar siklus bangun-tidur anda tetap teratur.

Keadaan lingkungan yang terang, misalnya akibat cahaya lampu, menyebabkan produksi melatonin tertekan, serta akan merangsang otak anda untuk tetap aktif bekerja. Akibatnya, jika pun anda tertidur, maka tidur anda akan tidak nyenyak, dan ketika bangun, tubuh tidak akan merasa segar.

Melihat keadaan tersebut, berikut ini kami tampilkan beberapa manfaat tidur dengan keadaan gelap.

1. Lebih cepat terlelap

2. Memperlambat proses penuaan

3. Meningkatkan daya ingat, serta mencegah penyakit Alzheimer

4. Mencegah depresi dan meningkatkan mood

5. Mencegah kegemukan

6. Meningkatkan imunitas tubuh

7. Menurunkan risiko kanker payudara

(Deni Suroyo – sisidunia.com)