Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Menyalakan AC Mobil Terlalu Cepat Bisa Beresiko Kanker

Hati-hati, Menyalakan AC Mobil Terlalu Cepat Bisa Beresiko Kanker



Jakarta – Indonesia dikenal sebagai negara beriklim topis yang disinari matahari hampir sepanjang tahu. Jika sudah masuk musim kemarau, udara panas pun membuat tidak betah berada di luar. Jika ingin keluar rumah dengan mobil, pastinya ingin langsung menyalakan AC (air conditioner).

Hati-hati, Menyalakan AC Mobil Terlalu Cepat Bisa Beresiko Kanker

Tapi tahukah Anda jika ternyata kebiasaan menyalakan AC mobil itu bisa berbahaya? Udara dingin yang dihasilkan AC, jika bercampur dengan hawa panas dalam mobil ternyata dapat menimbulkan kanker jika dihirup terlalu sering.

Seperti dikutip dari Livescience (Minggu, 27/8/2015), belum lama ini sebuah penelitian mengungkap radiasi sinar matahari dapat menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, serta bahan pelapis jok mobil. Belum lagi reaksi lain yang terjadi dari bahan lain di dalam kabin mobil yang jika bercampur dengan udara panas bisa menghasilkan berbagai zat baru. Zat-zat yang tercipta tersebut misalnya benzena, sebuah racun yang salah satunya bisa menyebabkan penyakit kanker (karsinogen).

Tidak hanya memicu kanker, benzena juga diketahui bisa meracuni tulang-tulang dalam tubuh. Benzena juga bisa menyebabkan anemia serta menurunkan jumlah sel darah putih, sehingga jika kita menghirup racun ini dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa saja terserang penyakit leukimia atau kanker darah.

Ibu-ibu hamil juga dilarang keras untuk langsung menyalakan AC dalam keadaan mobil panas. Tingkat benzena yang dihasilkan ternyata bisa mengakibatkan keguguran pada janin.

Jika sebuah mobil terparkir dalam ruangan dengan kondisi jendela tertutup maka akan menghasilkan 400-800 miligram benzena. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari, tingkat benzena akan semakin meningkat mencapai 2.000-4.000 miligram, 40 kali tingkat benzena yang bisa ditoleransi manusia dari batas sebesar 500 mg/ft2.

Jadi sebisa mungkin mulai sekarang kurangi kebiasaan langsung menyalakan AC mobil. Efek dari penyakit kanker memang tidak akan terasa langsung, lantas bagaimana cara menghindarinya? Sebelum nyalakan AC, biasakan untuk membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang bisa terbuang keluar. Tidak perlu terlalu lama, kira-kira sekitar lima menit sudah cukup untuk menetralkan udara di dalam mobil. (Rani Soraya sisidunia.com)