Home » News » Untuk Pertama Kalinya Prancis Lancarkan Serangan Udara Terhadap Militan ISIS

Untuk Pertama Kalinya Prancis Lancarkan Serangan Udara Terhadap Militan ISIS



Paris – Untuk pertama kalinya, Perancis memutuskan terlibat langsung dalam serangan terhadap kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Operasi serangan udara ini dilancarkan oleh Perancis pada hari Minggu (27/9/2015).
Untuk Pertama Kalinya Prancis Lancarkan Serangan Udara Terhadap Militan ISIS
Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 27/9/2015), operasi udara Perancis ini terwujud setelah disahkannya keputusan untuk memperluas upaya penanggulangan teror dari kelompok yang mengatasnamakan agama tersebut. Kantor Kepresidenan Perancis melaporkan bahwa serangan udara ini dilaksanakan setelah pihak intelijen melakukan operais pengintaian selama kurang lebih dua minggu terakhir.

Selama ini, Perancis hanya melakukan serangan udara terhadap ISIS di wilayah Irak. Namun tampaknya, perkembangan ISIS di negara tetangga Irak, yakni Suriah, telah demikian mengkhawatirkan sehingga dibutuhkanlah tambahan kekuatan dari Perancis.

Adapun pada awal September 2015 lalu, Presiden Perancis, Francois Hollande, mengatakan bahwa pihaknya memang sedang melakukan persiapan untuk menggempur ISIS di Suriah. Namun demikian, Perancis tetap tidak akan mengirimkan pasukannya secara langsung untuk menghadapi kelompok radikal tersebut, karena usaha tersebut dinilai sia-sia dan tidak realistis. (Deni Suroyo – sisidunia.com)