Home » Techno » Kini Anda Bisa Menjelajah Candi Borobudur Hanya dengan Mengakses Google Street View

Kini Anda Bisa Menjelajah Candi Borobudur Hanya dengan Mengakses Google Street View



Magelang – Minggu, 27 September 2015, Google secara resmi telah mengumumkan bahwa pihaknya telah meluncurkan layanan Google Street View untuk lokasi bersejarah di Indonesia. Lokasi pertama yang dijadikan sebagai objek pemandangan dengan sudut pandang panorama 360 derajat tersebut adalah Candi Borobudur.
Kini Anda Bisa Menjelajah Candi Borobudur Hanya dengan Mengakses Google Street View
Dengan diluncurkannya layanan ini, pengguna internet pun bisa melihat keindahan Candi Borobudur dan pemandangan di sekitarnya dari berbagai sudut secara virtual, hanya dengan koneksi internet saja.

Mengandalkan fitur kamera 360 derajat dari Street View, netizen — sebutan pengguna internet, diharapkan mampu merasakan sensasi dan pengalaman seakan-akan telah berkunjung secara langsung ke situs bersejarah terbesar bagi umat Buddha tersebut.

Adapun pemilihan Candi Borobudur, sebagai lokasi bersejarah pertama yang dimasukkan ke dalam Google Street View, didasari oleh tiga kriteria.

“Candi Borobudur merupakan peninggalan bersejarah, arsitekturnya cantik, dan merupakan salah satu tujuan utama turis mancanegara,” jelas Shinto Nugroho, selaku Head of Public Policy dan Government Relations Google Indonesia, kepada awak media di Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Untuk mewujudkan layanan ini, Google Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Shinto, pemerintah menyambut positif ide Google untuk mendigitalisasi lokasi bersejarah dan tempat wisata di Indonesia. Apalagi, Shinto menambahkan bahwa tujuan pengembangan Street View adalah untuk kepentingan pendidikan.