sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hubungan Iran dan Arab Saudi Memanas Terkait Tragedi Mina

Hubungan Iran dan Arab Saudi Memanas Terkait Tragedi Mina



Mekkah – Para petinggi Arab Saudi dan Iran saling tuding di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait tragedi Mina. Emosi Iran terpicu akibat lebih dari 130 jemaah haji, dari total korban 769 orang meninggal di Mina, merupakan warga negara Iran. Sementara itu, Arab Saudi tentunya tak mau menjadi kambing hitam dalam insiden tersebut.
Hubungan Iran dan Arab Saudi Memanas Terkait Tragedi Mina
Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 27/9/2015), di hadapan forum PBB, Presiden Iran, Hassan Rouhani, menuntut agar PBB melakukan penyelidikan terhadap tragedi Mina. Dan tentunya, pihak yang bersalah harus segera dimintai pertanggungjawabannya.

Sebaliknya, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menuding Iran telah menjadikan isu tragedi Mina sebagai “senjata politik” untuk menyudutkan Arab Saudi. Jubeir mengatakan bahwa Iran seharusnya prihatin dan lebih memahami, ketimbang mempolitisasi keadaan ini.


Baca juga

Presiden Iran Desak PBB Lakukan Investigasi Terkait Tragedi Mina

Kemacetan Jakarta Semakin Parah, Ahok Masih Bisa Becanda

Para ulama senior Arab Saudi juga menyatakan dukungannya kepada pihak berwenang. Mereka menilai, kejadian Mina, yang melibatkan puluhan ribu orang, adalah kejadian yang di luar kendali manusia.

Menanggapi tragedi terburuk pada penyelenggaraan haji dalam 25 tahun terakhir ini, Raja Arab Saudi, Salman, telah memerintahkan adanya peninjauan ulang terhadap sistem dan mekanisme keamanan nasional Arab Saudi.

Adapun perseteruan Arab Saudi dan Iran terkait tragedi Mina ini memang dianggap sarat kepentingan politik. Sebab, kedua negara ini tengah bersaing untuk memperoleh pengaruh terkuat di wilayah Timur tengah. (Deni Suroyo – sisidunia.com)