Home » News » Lokalisasi Dolly Kini Berubah Menjadi Wisata Batu Akik

Lokalisasi Dolly Kini Berubah Menjadi Wisata Batu Akik



Surabaya – Lokalisasi Dolly, Surabaya, telah lama “ditutup” oleh Pemerintah Kota Surabaya. Salah satu cara untuk mengalihfungsikan kawasan yang dulunya menjadi pusat bisnis prostitusi tersebut adalah dengan mengubahnya menjadi tempat pameran batu akik.
Lokalisasi Dolly Kini Berubah Menjadi Wisata Batu Akik
Saat ini, kurang lebih 100 stand penjual batu akik dari sejumlah daerah di Indonesia, mulai dari Bali sampai Bandung, tampak memadati kawasan tersebut. Pemandangan ini bisa dilihat sampai 3 hari ke depan.

Harga batu akik yang ditawarkan dalam pameran ini pun bervariasi. Mulai dari batu akik “biasa” seharga puluhan ribu, hingga batu akik langka yang dibanderol dengan harga belasan juta.

“Harapannya dengan digelar pameran batu akik ini, bisa menjadi pemanfaatan alih fungsi eks lokalisasi Dolly,” ujar Yunus, selaku Kepala Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jumat (25/9/2015) malam.

Menurut Yunus, jika pameran ini telah usai diselenggarakan, Pemkot Surabaya, berkoordinasi dengan Kantor Kecamatan Sawahan, akan tetap memfungsikan dua bangunan bekas wisma prostitusi, sebagai sebuah sentra batu akik.

“Dengan adanya bangunan bekas wisma nanti, Dolly bisa menjadi sentra batu akik layaknya pusat penjualan batu akik di Pasar Kayoon, Surabaya. Sehingga perekonomian bisa berangsur-angsur normal seperti sebelumnya,” terang Yunus. (Deni Suroyo – sisidunia.com)