Home » News » Jamaah Asal Afrika Menjadi Kambing Hitam Tragedi Mina, Rasis Mulai Terasa

Jamaah Asal Afrika Menjadi Kambing Hitam Tragedi Mina, Rasis Mulai Terasa



Mina – Tragedi Mina yang menewaskan setidaknya 717 jemaah haji dari berbagai negara mulai menimbulkan isu rasisme. Hal tersebut seiring dengan otoritas Arab Saudi yang mulai terlihat menyalahkan jemaah haji asal Afrika, yang dituding telah melanggar jadwal lempar jumrah.

Jamaah Asal Afrika Menjadi Kambing Hitam Tragedi Mina, Rasis Mulai Terasa

Ulah jemaah haji Afrika itu dituding Arab Saudi sebagai salah satu penyebab terjadinya tragedi saling injak. Nah, gara-gara pernyataan itulah, muncul tudingan lainnya yang menyebut orang Arab memandang rendah ras Afrika atau secara umum jemaah berkulit hitam, termasuk Iran.

Bahkan salah satu anggota Kerajaan Arab, Khalid Al-Saud, berkicau lewat akun Twitternya dengan menyebut kini telah tiba waktu untuk berpikir ulang untuk melarang warga Iran untuk datang ke Mekkah demi kelancaran ibadah haji.

Hingga kini jemaah haji yang tercatat tewas dalam tragedi Mina paling banyak berasal dari Iran, dengan 131 jemaah. Pemerintah Iran juga terang-terangan menyalahkan Arab Saudi yang dianggap lalai hingga tragedi ini bisa terjadi. (Rani Soraya – sisidunia.com)