Home » Gaya Hidup » Inikah Bukti Bangsa Viking 1000 Tahun yang Lalu Telah Memeluk Islam ?

Inikah Bukti Bangsa Viking 1000 Tahun yang Lalu Telah Memeluk Islam ?



Jakarta – Bangsa Viking, salah satu bangsa kuno Eropa yang terkenal dengan penjelajahan lautnya, ternyata memiliki keterkaitan dengan dunia Islam. Bukti tersebut terlihat melalui penemuan sebuah artefak cincin berusia 1.000 tahun. Apakah ini bukti bahwa bangsa Viking sudah memeluk Islam?
Inikah Bukti Bangsa Viking 1000 Tahun yang Lalu Telah Memeluk Islam ?
Cincin kuno berusia 1.000 tahun tersebut ditemukan di sebuah lokasi makam wanita Viking kuno yang terletak di Swedia. Pada cincin kuno tersebut, terdapat batu kaca berwarna merah muda yang bertuliskan huruf Arab kuno. Arti dari tulisan tersebut adalah “untuk Allah”.

Ilmuwan dari Universitas Stockholm memiliki penafsiran bahwa bangsa Viking bukan memeluk agama Islam, melainkan pernah berdagang dengan bangsa-bangsa dari peradaban Islam, seperti misalnya Mesir.

Sejak sekitar 3.400 tahun lalu, Bangsa Viking memang diketahui mulai melakukan kegiatan ekonomi dengan pedagang dari Mesir dan Mesopotamia (Irak kuno). Salah satu komoditi yang diperjual-belikan adalah benda-benda berbahan kaca.

Seperti dilansir dari Daily Mail (Senin, 16/3/2015), ilmuwan Universita Stockholm menuliskan dalam jurnal penelitian mereka bahwa cincin kuno tersebut mungkin adalah bukti fisik dari hubungan antara bangsa Viking dengan dunia Islam.

Sebagai satu-satunya cincin bertulisan huruf Arab yang ditemukan di wilayah Skandinavia, cincin tersebut merupakan satu artefak penting untuk mengetahui sejarah penjelajahan Viking. (Deni Suroyo – sisidunia.com)