Home » News » Tragedi Mina 2015 : Arab Saudi Salahkan Ketidakdisiplinan Jemaah Haji

Tragedi Mina 2015 : Arab Saudi Salahkan Ketidakdisiplinan Jemaah Haji



Mina – Jumlah korban tewas di tragedi Mina merupakan yang terbesar dalam 25 tahun terakhir. Peristiwa berdarah ini pun menyedot perhatian media di seantero dunia.

Tragedi Mina 2015 : Arab Saudi Salahkan Ketidakdisiplinan Jemaah Haji

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Khaled al-Falih, pun angkat bicara mengenai tragedi ini. Khaled menyebutkan peristiwa ini terjadi karena ketidakdisiplinan para jamaah sendiri.


Baca juga:

Arab Saudi Belum Bisa Memberikan Data Yang Akurat Mengenai Korban Tragedi Mina
Raja Salman Angkat Bicara Terkait Banyaknya Jemaah Yang Menjadi Korban Tragedi Mina

“Ada banyak jemaah haji memasuki Jalan Arab 204 yang tak sesuai dengan jadwal yang telah diberikan otoritas setempat,” kata Khaled dilansir dari The Guardian. “Jadwal pergerakan jemaah haji sebenarnya telah dibuat sedemikian rupa agar tidak terjadi situasi bottle neck di jalur tersebut. Namun, para jemaah haji tak disiplin dan situasi ini pun terjadi,” ucapnya kepada pers seperti dilansir dari The Guardian (Jumat, 25/9/2015).

Kini Kemenkes Arab Saudi telah menyatakan jika pihaknya akan memfokuskan tenaga dan pikiran untuk menangani para korban luka. Sekitar 200 lebih ambulan telah dikerahkan uintuk mengevakuasi para korban menuju rumah sakit terdekat. (Yayan – sisidunia.com)