Home » News » Hubungan Indonesia Dan Singapura Memanas Akibat Asap Yang Tak Kunjung Reda

Hubungan Indonesia Dan Singapura Memanas Akibat Asap Yang Tak Kunjung Reda



Singapura – Level polusi akibat kabut asap di Singapura sudah mencapai tingkat tertinggi. Polutan Standar Indeks (PSI) yang digunakan untuk mengukur tingkat polusi sudah mencapau angka 341 pada Jumat (25/9/2015) pagi. Di Indonesia sendiri, PSI sudah mencapai 2.000.

Hubungan Indonesia Dan Singapura Memanas Akibat Asap Yang Tak Kunjung Reda

Selain berdampak negatif bagi kesehatan, rupanya kabut asap juga membuat hubungan Indonesia dan Singapura menjadi tegang. Terutama setelah wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melontarkan pernyataa yang membuat pihak Singapura gerah.

JK tak lama ini membuat sebuah pernyataan yang menyebutkan jika negara-negara tetangga seharusnya tak mempermasalahkan kabut asap yang terjadi selama satu bulan ini. Menurut JK, mereka sudah merasakan udara bersih selama 11 bulan lamanya.

Pernyataan ini pun mendapatkan tanggapan dari K. Shanmugam selaku Menteri Luar Negeri Singapura.


Baca juga:

Berbusana Minim Dengan Belahan Payudara Rendah, Miley Cyrus Jadi Bahan Olokan
Ternyata Bukan Ariel Yang Dirindukan Sophia Latjuba Saat Momen Idul Adha

“Singapura serius ingin membantu Indonesia untuk mengatasi kebakaran. Namun, pada saat yang sama kita mendengar beberapa pernyataan mengejutkan yang dibuat di tingkat senior dari Indonesia, dengan mengabaikan orang-orang kami dan mereka sendiri,” tulis Shanmugan di akun Facebooknya.

Sebanyak 27 perusahaan tengah diselidiki oleh Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Indonesia sehubungan dengan kebakaran hutan yang menyebabkan merebaknya kabut asap hingga ke negara-negara tetangga. Salah satu dari perusahaan tersebut ternyata terdaftar di Singapura. (Yayan – sisidunia.com)