Home » Ekonomi & Bisnis » Dolar Tembus Rp 14.600, BI Mulai Menyerah ?

Dolar Tembus Rp 14.600, BI Mulai Menyerah ?



Jakarta – Rupiah semakin hari semakin tertekan oleh penguatan Dolar Amerika Serikat (AS). Meski kini telah menembus angka Rp 14.600 per dolar AS, bank-bank di dalam negeri diperkirakan masih aman.

Dolar Tembus Rp 14.600, BI Mulai Menyerah ?

Eko Trilaksono selaku Divisi Perencanaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mennjelaskan jika kondisi ini memang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Namun menurutnya, dunia usaha tidak perlu panik. Masih ada optimisme dalam ketidakpastian global saat ini.

“Tetap kita harus yakin apa yang sudah dilakukan pemerintah, kondisi ini tidak akan lama, temporary, pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan, ini beda dengan 10 tahun lalu, tetap akan ada perubahan signifikan,” jelas Eko.

Untuk memperkuat pendiriannya, Eko menjelaskan jika pihaknya telah melaksanakan uji ketahanan atau stress test pada mata uang rupiah di level tertentu. Namun Eko tidak menyebutkan nominal yang dimaksud.

“Stress test bagian teknikal analisis, tetap ada optimisme, bukan sebagai hal yang kita nanti akan dikhawatirkan, kami dari perbankan masih tetap optimistis,” ucap dia.

Eko kemudian menambahkan jika dari keseluruhan nasabah BRI yang sebagian besar berbisnis di sektor UMKM belum ada yang memerlukan perhatian khusus.

“Memang ada beberapa yang harus koordinasi dengan nasabah kami, saling menjaga. Belum ada nasabah terhantam, kami bisnis UMKM, tidak terlalu banyak terpengaruh,” tuturnya yakin. (Yayan – sisidunia.com)