Home » News » Ahok Mendapat Banyak Ilmu dari Belanda untuk Atasi Banjir di Jakarta

Ahok Mendapat Banyak Ilmu dari Belanda untuk Atasi Banjir di Jakarta



Jakarta – Dalam kunjungannya ke Rotterdam, Belanda, sejak Senin (21/9/2015) lalu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat melakukan serangkaian kegiatan yang intinya adalah “belajar cara mengatasi banjir”.
Ahok Mendapat Banyak Ilmu dari Belanda untuk Atasi Banjir di Jakarta
Berdasarkan informasi dari Maruhal, salah satu staf yang mendampingi Ahok, pada Selasa (22/9) kemarin, Ahok sempat mempelajari “project climate change adaptation”, atau dalam bahasa Indonesia berarti “proyek adaptasi perubahan iklim”. Proyek inis edang gencar digerakkan oleh Pemerintah Kota Rotterdam.

Di dalam proyek tersebut terdapat sebuah sistem yang disebut “water plaza”, yang merupakan sebuah tempat penampungan air yang diintegrasikan dengan ruang terbuka publik, seperti misalnya taman, lapangan olah raga, skate park, dan lain-lain.

Ahok Mendapat Banyak Ilmu dari Belanda untuk Atasi Banjir di Jakarta

salah satu wujud water plaza di Rotterdam

Water plaza ini sangat dibutuhkan untuk menghandle debit air akibat hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang singkat. Air hujan tersebut akan ditampung sementara di water plaza, sebelum nantinya dibuang ke sungai ataupun akan digunakan untuk kepentingan lainnya.

Project-project yang dikunjungi bertujuan mempelajari implementasi pencegahan banjir di kawasan padat (high density area) dengan pendekatan membangun penampungan air. Sementara di kawasan padat untuk menampung air hujan sehingga tidak terjadi banjir saat terjadi hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat,” ujar Maruhal.

Dengan ilmu barunya tersebut, bisakah Ahok mengimplementasikannya pada Jakarta? Kita lihat saja. (Deni Suroyo – sisidunia.com)