Home » Techno » Ingin Tahu Kapan Kematian Anda? Tanyakan Pada Komputer Ini, Hampir 100 Persen Valid

Ingin Tahu Kapan Kematian Anda? Tanyakan Pada Komputer Ini, Hampir 100 Persen Valid



Boston – Perkembangan teknologi komputer saat ini sangatlah luar biasa. Berbagai inovasi digital terus diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Salah satunya adalah komputer yang dikembangkan oleh tim dokter di Beth Israel Deaconess Medical Centre, Boston, Amerika Serikat (AS).
Ingin Tahu Kapan Kematian Anda? Tanyakan Pada Komputer Ini, Hampir 100 Persen Valid
Seperti dilansir dari BBC, Komputer yang digunakan untuk kebutuhan medis tersebut diklaim bisa memprediksi kematian seseorang. Superkomputer yang namanya belum dipublikasikan secara resmi ini disebutkan memiliki rekam data kesehatan dari sekitar 250 ribu orang.

Ratusan ribu rekam medis tersebut merupakan data yang dikumpulkan dalam 30 tahun terakhir di AS, yang memuat berbagai kasus kesehatan. Dari “information pool’ (pusat data) tersebut, superkomputer ini akan bisa mengolah informasi untuk menghasilkan sebuah prediksi yang akurasinya sangat tinggi, yakni mencapai 96 persen.


Baca juga

Siap Mainkan ‘Call of Duty: Black Ops 3’? Tonton Dulu Video Ini

Dengan kata lain, seandainya komputer tersebut memprediksi bahwa seseorang akan mati pada 30 hari dari sekarang, maka 96 persen kemungkinan orang tersebut akan benar-benar mati sebulan lagi.

Disebutkan pula bahwa komputer ini bisa mengambil data medis pasien setiap tiga menit sekali. Komputer ini mengukur banyak sekali aspek dari keadaan fisik sang pasien, mulai dari tekanan darah hingga pasokan oksigen.

Data ini kemudian akan dikomparasikan dengan masa awal kedatangan pasien ke Beth Israel Deaconess Medical Centre, hingga masa pengobatan terakhirnya.

Komputer tersebut juga mampu mendiagnosa penyakit lebih cepat dari dokter manusia. (Deni Suroyo – sisidunia.com)