sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Gawat, 2 Lubang Hitam Diperkirakan Akan Saling Bertubrukan

Gawat, 2 Lubang Hitam Diperkirakan Akan Saling Bertubrukan



New York – Belum lama ini, astronom dari Columbia University berhasil menemukan keberadaan dua black hole (lubang hitam) supermasif di luar angkasa. Gawatnya, dua lubang hitam berukuran sangat besar ini diperkirakan akan saling bertubrukan.
Gawat, 2 Lubang Hitam Diperkirakan Akan Saling Bertubrukan
Bila perkiraan tersebut benar, maka benturan dari dua lubang hitam ini akan menghasilkan energi yang sangat besar yang diduga akan mengguncangkan alam semesta.

Temuan ini didapatkan oleh para astronom setelah mereka menemukan kilatan cahaya dengan pola berirama di kedalaman antariksa. Kilatan cahaya tersebut ditemukan sejak awal tahun 2015 kemarin.

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa kilatan cahaya berirama tersebut berasal dari dua lubang hitam yang berukuran sangat besar, yang saling mengelilingi satu sama lain. Kondisi inilah yang diperkirakan akan menimbulkan benturan diantara keduanya.

Seperti dilansir dari Mirror (Senin, 21/8/2015), astronom dari Columbia University, Zoltan Haiman, mengatakan bahwa fenomena ini merupakan jarak terdekat dari dua lubang hitam supermasif yang akan saling bertabrakan.

Informasi lebih lanjut mengatakan bahwa dua lubang hitam tersebut berjarak sekitar 3,5 miliar tahun cahaya dari bumi. Tabrakan di antara dua lubang hitam ini akan menimbulkan riak-riak di kesatuan ruang dan waktu. Fenomena ini dapat digunakan para ilmuwan untuk meneliti teori relativitas umum. (Deni Suroyo – sisidunia.com)