Home » News » Benarkah Kali Jakarta Sudah Bersih, Ataukah Itu Hanya Foto Hasil Photoshop ?

Benarkah Kali Jakarta Sudah Bersih, Ataukah Itu Hanya Foto Hasil Photoshop ?



Jakarta – Baru-baru ini, beredar foto di media sosial yang memperlihatkan bagaimana kesuksesan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam usahanya membersihkan sungai di kawasan Jakarta. Selain itu, ada pula foto Waduk Ria Rio yang nampak indah setelah dinormalisasi sejak era Joko Widodo (Jokowi), ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.
Benarkah Kali Jakarta Sudah Bersih, Ataukah Itu Hanya Foto Hasil Photoshop ?
Foto-foto kali atau sungai yang dipajang di media sosial tersebut diunggah untuk pertama kalinya oleh pemilik akun bernama Andrinov Satar. Bersama foto-foto tersebut, ia juga menuliskan, “70 tahun merdeka, baru sekarang lihat Jakarta mulai tertata dengan benar. Ini baru wolrd class city! Lanjutkan…!!!”

Lima foto keadaan sungai di Jakarta tersebut memang memperlihatkan keadaan sungai yang telah melalui proses normalisasi. Namun demikian, pengunggah foto-foto tersebut tak menyebutkan dimana pastinya foto-foto tadi diambil. Yang pasti, foto itu diambil di Jakarta Pusat.
Benarkah Kali Jakarta Sudah Bersih, Ataukah Itu Hanya Foto Hasil Photoshop ?
Foto-foto tersebut telah di-share sebanyak 6.305 kali, serta mendapat 4.343 like. Komentar positif pun banyak terlontar untuk postingan ini.

“Subhanllah, Alhamdulillah, semoga selamanya gini yaa terimakasih foto2 & infonya Andrinova Satar pingin mudik segera,” tulis salah satu pengguna Facebook.

Foto-foto tersebut menunjukkan bagaimana potensi sebenarnya keindahan dari Ibukota Republik Indonesia tersebut. Semoga foto-foto tadi memang asli buah karya kerja keras dari pemerintah dan masyarakat, serta bukan sebuah hasil rekayasa photoshop. (Deni Suroyo – sisidunia.com)