Home » News » Ancaman Tsunami Gempa Chili, Indonesia Aman

Ancaman Tsunami Gempa Chili, Indonesia Aman



Jakarta – Gempa yang terjadi di pesisir barat Chili berkekuatan 8,3 SR dilaporkan memiliki ancaman tsunami, bahkan tsunami kemungkinan juga akan terjadi di negara-negara lain. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Ancaman Tsunami Gempa Chili, Indonesia Aman

Jangan panik, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan kepastian Indonesia tidak akan terkena dampak jalur gempa yang terjadi di Chili, Amerika Selatan.

“Gempa bumi Chili dengan kedalaman 10 km, tidak tidak berpotensi menimbulkan tsunami untuk wilayah Indonesia,” demikian yang tertulis dalam situs.bmkg.go.id, Kamis (17/9) sore.


Baca juga:
Inilah Kronologi Gempa Chili Berkekuatan 8,3 SR

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa di Chili kemungkinan akan menimbulkan tsunami di sekitar pusat gempa. Selain Chili, beberapa negara lain yang kemungkinan akan merasakan dampak tsunami ialah French Polynesia, Meksiko, Ekuador, Antartika dan Jepang.

Seperti diketahui, gempa disusul tsunami di Chili telah menimbulkan 5 korban tewas dan puluhan terluka. Dampak gempa sempat terasa hingga ke wilayah Hawaii, California dan Buenos Aires. (Rani Soraya – sisidunia.com)