Home » News » Di Tangan Siswa Aceh Ini, Air Bisa Digunakan Sebagai Bahan Bakar Motor

Di Tangan Siswa Aceh Ini, Air Bisa Digunakan Sebagai Bahan Bakar Motor



Simeulue – Siswa SMKN 2 Sinabang, Pulau Simeulue, Aceh, diberitakan telah berhasil memodifikasi sepeda motor hingga bisa berjalan dengan bahan bakar air. Hanya dengan 1 liter air, motor tersebut diklaim mampu menempuh jarak sekitar 700 km.
Di Tangan Siswa Aceh Ini, Air Bisa Digunakan Sebagai Bahan Bakar Motor
Perancang motor berbahan bakar air ini adalah Nanda Alavanta, bersama teman-teman sekelasnya di jurusan Teknik Otomotif, SMKN 2 Sinabang.

“Habis waktu sebulan membuat ini. Dari penilitian sampai proses erencangnya,” kisah Nanda di sela-sela pameran Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke 56.

Motor tersebut memang pertama kali diperlihatkan kepada publik pada Expo Pendidikan yang berlangsung sampai 18 September nanti. Sudah barang tentu, motor ini termasuk “primadona” dalam acara tersebut.

Nanda pun mengaku telah menguji ketahanan motor tersebut. Dengan seliter air murni, ia sanggup membawa motor tersebut berjalan hingga mencapai jarak 700 km dengan kecepatan normal.

“Sudah kami tes keliling pulau (Simeulue), Alhamdulillah baik-baik saja. Yang penting diperhatikan adalah kondisi aki dan kipronya harus oke. Kalau tidak maka jalannya bisa tersendat,” terang siswa Kelas II tersebut.

Wendi Sebastian, guru SMKN 2 Sinabang yang mendampingi anak didiknya merancang motor berbahan bakar air ini, mengatakan bahwa pada dasarnya motor ini bisa hidup dan berjalan dengan memanfaatkan prinsip pemisahan hidrogen dan oksigen dalam air yang bisa menimbulkan ledakan jika tersulut api.

Adapun untuk membuat motor ini, Nanda dan kawan-kawannya menghabiskan dana sekitar Rp 1 Juta. Dana tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Kepala SMKN 2 Sinabang, Safdar SR. (Deni Suroyo – sisidunia.com)