Home » Gaya Hidup » Mengerikan, Kutu Ini Bisa Saja Berkeliaran di Wajah Anda

Mengerikan, Kutu Ini Bisa Saja Berkeliaran di Wajah Anda



Jakarta – Hampir setiap jengkal tubuh manusia dihuni oleh makhluk-makhluk mikroskopis. Termasuk juga bagian wajah. Untuk bagian tubuh yang satu ini, bisa ditemukan kutu yang memiliki nama Demodex folliculorum dan Demodex brevis.
Mengerikan, Kutu Ini Bisa Saja Berkeliaran di Wajah Anda
Demodex folliculorum tinggal di folikel rambut, sementara Demodex brevis tinggal di kelenjar yang letaknya dekat dengan folikel rambut.

Sebagian besar dari kutu mikroskopis ini bisa ditemukan di wajah, khususnya di dekat hidung, bulu mata, dan alis. Hewan-hewan ini juga kerap ditemukan di bagian tubuh lainnya.

Kutu-kutu ini mendiami wajah manusia hampir seumur hidup sang manusia tersebut. Semakin tua umur manusia, maka kutu yang hidup di wajahnya juga semakin banyak. Namun demikian, ketika manusia baru lahir, kulit wajahnya masih steril dari kutu-kutu semacam ini.

Pakar serangga, Debbie Hadley, penyebaran kutu Demodex folliculorum dan Demodex brevis dari manusia satu ke manusia lainnya disinyalir melalui kontak fisik.

Kutu ini menghabiskan seluruh hidupnya di sekitar folikel rambut. Mereka lahir, kawin, sampai mati di wajah manusia.

Kutu ini dilaporkan takut terhadap cahaya. Mereka akan bersembunyi sampai cahaya, seperti lampu ataupun cahaya matahari, tidak lagi terpapar di area wajah. Pergerakan mereka pun sangat lambat, yakni 1 cm per jam. Ketika kutu-kutu ini berjalan di wajah, mereka juga sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati bersamanya.

Lantas, apakahg kutu-kutu ini berbahaya bagi kesehatan manusia? Meski ada beberapa kasus yang menyebutkan kaitan kutu dengan penyimpangan fisik di wajah, belum ada bukti otentik yang mengatakan bahwa Demodex folliculorum dan Demodex brevis merupakan penyebab dari suatu penyakit.

Sekadar gambaran, wajah manusia yang sangat sehat ternyata masih dihuni 1.000 sampai 2.000 ekor kutu wajah, dan hal ini tak menimbulkan efek kesehatan apapun. (Deni Suroyo – sisidunia.com)