sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » ASI Tidak Lancar ? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Ini

ASI Tidak Lancar ? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Ini



Jakarta – Menyambut kelahiran anak tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Namun tahukah Anda jika perasaan cemas dan kuatir saat ibu menyusui ternyata dapat berdampak pada jumlah produksi ASI?

ASI Tidak Lancar ? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Ini

Seperti diungkapkan oleh Muji Hananik, Konselor Lantasi dalam acara bertajuk “New Mom, New You” di RSIA Bunda Jakarta, “Saat ibu berpikiran negatif, tidak tenang, stres maka hormon oksitosin akan terhambat. Kerja hormon oksitosin dan prolaktin sangat dipengaruhi kondisi psikologis ibu. Karena itu dibutuhkan pikiran yang tenang dan selalu percaya diri agar produksi ASI banyak dan proses menyusui pun lancar,”

Muji menjelaskan, sukses tidaknya ibu untuk menyusui anaknya dipengaruhi oleh rasa nyaman dalam memberikan ASI kepada sang bayi. Kebanyak ibu baru sering salah kaprah saat memiliki anak pertama, dimana ibu lebih mengutamakan kenyamanan bayi saat menyusui ketimbang dirinya.

“Banyak ibu yang baru memiliki anak pertama, lebih mementingkan kenyamanan di anak, padahal posisi menyusui yang nyaman sangat penting bagi ibu agar ASI lancar. Hindari menyusui sambil main handphone, ajak bayi komunikasi sambil menyusui untuk meningkatkan kedekatan emosional dengan bayi,” pungkas Muji.

Selain kondisi menyusui dan perasaan nyaman sang ibu, kelancaran produksi ASI juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan bergizi, manajemen laktasi yang tepat dan niat menyusui yang tulus dan penuh cinta kasih, bukan hanya menjalankan kewajiban ya. (Rani Soraya – sisidunia.com)