Home » Gaya Hidup » Tips Merawat Payudara Agar Tidak Mudah Kendur

Tips Merawat Payudara Agar Tidak Mudah Kendur



Jakarta – Bagi seorang wanita, khususnya yang telah melahirkan seorang anak, menyusui merupakan sebuah kodrat yang mesti dilakukannya demi kesehatan si kecil. Namun tahukah anda, di masa menyusui inilah, ditambah juga dengan faktor pertambahan usia, payudara seorang wanita akan secara perlahan kehilangan kolagen, yakni sebuah jaringan ikat di bawah kulit payudara.
Tips Merawat Payudara Agar Tidak Mudah Kendur
Kehilangan kolagen dalam payudara dapat menyebabkan payudara menjadi kendur dan tentunya berdampak bagi penampilan seorang wanita. Dan selain faktor umur dan menyusui, ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata juga berdampak pada berkurangnya kolagen dalam payudara. Apa saja kegiatan tersebut?

1. Merokok

Sudah diketahui secara umum bahwa merokok merupakan kegiatan yang sangat tidak sehat. Kebiasaan ini ternyata tak hanya merusak paru-paru dan jantung anda, namun juga bisa berdampak pada payudara wanita. Paparan dari asap rokok yang terus-menerus juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

2. Menggunakan bra yang tidak pas

Banyak wanita yang kerap tidak memperhatikan ukuran bra yang pas dipakai olehnya. Karena model bra yang bagus ataupun harganya yang mahal, wanita sering tidak mempedulikan apakah bra tersebut pas dan nyaman dipakai atau tidak sesuai dengan bentuk tubuh yang berubah secara dinamis dari waktu ke waktu.

3. Diet yoyo

Artinya, perubahan berat badan yang sering naik-turun secara cepat dan tidak stabil. Hal ini bisa membuat jaringan payudara menjadi semakin kendur.

4. Latihan fisik tertentu

Melakukan beberapa latihan fisik ternyata justru bisa berdampak negatif bagi payudara. Gerakan maju-mundur yang berulang ketika melakukan latihan fisik memiliki potensi merusak kolagen dalam payudara.

Meskipun menyusui disebut bisa berdampak pada pengurangan kolagen, kegiatan ini sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. Oleh karena itu, untuk menjaga kekencangan dan kesehatan payudara, lebih baik anda mengurangi kegiatan lain yang berdampak negatif terhadap payudara.

Apalagi, kegiatan menyusui juga hanya berlangsung dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama bila dibandingkan kebiasaan-kebiasaan di atas yang kadang tak terasa sudah kita lakukan seumur hidup kita. (Deni Suroyo – sisidunia.com)