Home » News » Tergeser dari Kabareskrim, Mimpi Buwas untuk Bentuk SWAT Juga Ikut Terkubur

Tergeser dari Kabareskrim, Mimpi Buwas untuk Bentuk SWAT Juga Ikut Terkubur



Jakarta – Komjen Budi Waseso (Buwas) telah dimutasi menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Setelah sempat menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, ternyata Buwas memiliki mimpi yang belum terealisasi, yaitu membentuk tim SWAT.
Tergeser dari Kabareskrim, Mimpi Buwas untuk Bentuk SWAT Juga Ikut Terkubur
Tim SWAT yang ingin dibentuk oleh Buwas berasal dari unit Resmob. Sebagaimana di Amerika Serikat (AS), tim SWAT memiliki persenjataan khusus dan tentunya kemampuan personil yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan polisi biasa.

Keberadaan tim SWAT ditujukan untuk melaksanakan operasi khusus. Begitu beratnya resiko dari operasi yang mereka jalankan, pelatihan yang diterima oleh personil SWAT juga sangat berat.

Tugas-tugas yang diterima SWAT antara lain menyelamatkan sandera, melumpuhkan teroris, menangkap pelaku kriminal kelas tinggi, serta menghadapi penjahat yang memiliki persenjataan berat.


Baca juga

BMKG Prediksikan Hujan Baru Turun Bulan November Mendatang

“Saya rencananya mau buat unit Resmob seperti Tim SWAT. Sudah ada rancangannya termasuk seragam hingga rompi anti peluru dari karbon buatan dalam negeri yang kualitasnya sudah teruji,” ujar Buwas

Begitu seriusnya rencana tersebut, Buwas bahkan telah memiliki manekin yang menggambarkan bagaimana nantinya wujud dari personil SWAT. Pada seragam salah satu manekin tersebut, tersemat nama “Budi”.

Ketika sudah dipindahkan menjadi Kepala BNN, Buwas meninggalkan dua manekin pasukan SWAT tadi di rumah dinas Kabareskrim, yang kini dihuni oleh Anang Iskandar.

“‎Patungnya buat Pak Anang, paling nama “Budi” saya copot. Ini untuk mengingatkan Pak Anang, pembentukan tim SWAT harus dikaji ke depannya. Jadi besok-besok saat penangkapan tim ini yang jalan dan Polri tidak lagi dianggap melakukan pelanggaran HAM dan tidak profesional melakukan penyidikan,” kisahnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)