Home » Otomotif » Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Terasa Sejuk

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Terasa Sejuk



Jakarta – Pemilik mobil pribadi pasti ingin penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) tetap sejuk, apalagi di saat cuaca siang hari yang panas beringas. Berikut akan SisiDunia hadirkan tips merawat AC mobil agar awet dan tetap sejuk.

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Terasa Sejuk

1. Untuk mobil keluaran 2012 ke atas, sering-seringlah membersikan saringan AC yang ada di kabin setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.

2. Minimal setahun sekali wajib melakukan perawatan ringan seperti membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

3. Saat mencuci mobil jangan lupa siram bagian kondensor di bagian depan. Tapi jangan dengan air bertekanan tinggi, karena bisa merusak bagian kelistrikan mobil.

4. Hindari merokok dalam mobil dengan kondisi AC menyala dan jendela dibuka. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan saringan AC cepat kotor, buka karena asap rokok, tapi dari debu jalanan.

5. Jika AC mobil mulai terasa tidak terlalu dingin, jangan langsung mengira freon sudah habis. Karena tidak ada istilah Freon habis, jika tidak bocor. Kecuali penggunaannya sudah dua atau tiga tahun pasti ada sedikit penyusutan jumlah Freon. (Rani Soraya – sisidunia.com)