sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Wajib Diketahui, Roti Tawar Ternyata Bisa Menjadi Pemicu Penyakit Diabetes

Wajib Diketahui, Roti Tawar Ternyata Bisa Menjadi Pemicu Penyakit Diabetes



Jakarta – Roti tawar merupakan makanan yang sudah akrab dikonsumsi masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi untuk sarapan pagi.
Wajib Diketahui, Roti Tawar Ternyata Bisa Menjadi Pemicu Penyakit Diabetes
Selain mengenyangkan, karena memang terbuat dari karbohidrat, penyajian roti tawar relatif lebih simpel. Tinggal diolesi mentega, coklat, selai, atau bahkan dijadikan sandwhich daging, roti tawar sudah bisa berubah menjadi santapan yang lezat.

Namun demikian, anda mungkin harus berpikir dua kali untuk mengkonsumsi banyak roti tawar di dalam aktivitas anda sehari-hari. Pasalnya, roti tawar disebut dapat menyebabkan terjadinya diabetes.


Baca juga

Bagaimana Cara Mendidik Anak Manja ? Berikut Tipsnya

Ingin Punya Pacar Pria Brondong ? Perhatikan Hal Berikut Ini

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa roti tawar merupakan makanan yang tinggi indeks glikemik. Artinya, roti tawar memiliki potensi untuk meningkatkan gula darah sebagai akibat dari tingginya kandungan karbohidrat di dalamnya.

Dalam keadaan normal, tubuh manusia memang membutuhkan gula darah. Namun demikian, jika kadarnya berlebihan, maka gula darah justru bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dan komplikasi di dalam tubuh. Untuk itu, terdapat hormon insulin yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah agar tidak menjadi berlebihan.

Roti tawar adalah makanan yang cepat diserap oleh tubuh, dan menyebabkan resistansi terhadap insulin yang ada dalam darah. Hal ini, bila dilakukan terus-menerus, akan mengakibatkan meroketnya kadar gula darah dan menimbulkan diabetes tipe 2.

Rasa roti tawar yang relatif hambar merupakan salah satu penyebab mengapa sebagian penderita diabetes tak menyadari bahwa dirinya telah memiliki kadar gula darah yang berlebihan. Seperti dikutip dari data Federasi Diabetes Internasional, diabetes adalah salah satu penyakit yang tak disadari kehadirannya dalam tubuh kita.

Roti tawar juga disebut tidak memiliki kandungan nutrisi yang ideal. Selama proses pembuatannya, tepung yang dijadikan bahan untuk membuat roti tawar telah banyak kehilangan zat gizinya, seperti vitamin B6, vitamin E, asam folat, seng, dan kromium. (Deni Suroyo – sisidunia.com)