Home » News » AS Siap Lindungi Arab Saudi dari Serangan Iran

AS Siap Lindungi Arab Saudi dari Serangan Iran



Washington – Amerika Serikat (AS) telah berkomitmen akan mendukung Arab Saudi untuk menghadapi ancaman dari Iran. Dukungan AS ini disampaikan oleh wakil penasehat keamanan nasional gedung putih, Ben Rhodes.

AS Siap Lindungi Arab Saudi dari Serangan Iran

Ben Rhodes

Untuk lebih dalam membahas isu ini, Presiden AS, Barack Obama, direncanakan akan bertemu dengan Raja Arab Saudi, Salman.

Pertemuan bilateral antara AS dan Arab Saudi ini adalah yang pertama kali dilakukan semenjak Raja Salman naik tahta. Dalam kunjungan ini, Pemerintah AS juga sekaligus ingin memperbaiki hubungannya dengan Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut, Obama akan mencoba menghilangkan kekhawatiran Arab Saudi terhadap Iran, setelah sanksi yang diterima Iran terkait isu nuklir telah dicabut sementara.

“Kami memahami bahwa Arab Saudi memiliki kekhawatiran tentang apa yang Iran bisa melakukan karena ekonomi mereka meningkat pascadibekukannya sanksi,” ujar Rhodes seperti dikutip dari Al Arabiya (Jumat, 4/9/2015).


Baca juga

Cadangan Tambang Uranium Membuat Iran Semakin Percaya Diri

Menteri Melarang Dana Desa Dipergunakan Untuk Membangun Masjid

Menurut Rhodes, AS tetap yakin bahwa Iran tetap akan membatasi program nuklirnya, dan lebih memfokuskan diri pada pengembangan ekonomi nasional yang sempat kolaps. Meski demikian, tak menutup kemungkinan bahwa Iran masih tetap akan menggelontorkan dananya secara besar-besaran untuk melakukan “perbuatan keji”, misalnya untuk program senjata nuklir dan aksi-aksi militer yang tentunya mengganggu stabilitas Timur Tengah.

“Namun, Obama atau AS akan melakukan segala sesuatu yang kita bisa lakukan untuk melawan ancaman Iran yang dilakukan ke negara tetangganya,” tambah Rhodes. (Deni Suroyo – sisidunia.com)