Home » Gaya Hidup » Anda Depresi? Perbanyak Konsumsi Ikan

Anda Depresi? Perbanyak Konsumsi Ikan



Jakarta – Sebuah artikel dalam ournal of Epidemiology & Community Health mengatakan bahwa konsumsi ikan secara rutin mampu mengurangi resiko depresi hingga 17 persen. Efek ini berlaku bagi pria maupun wanita.
Anda Depresi? Perbanyak Konsumsi Ikan
Dalam studi tersebut, para peneliti bahkan menemukan ada partisipan pria yang resiko depresinya menurun hingga 20 persen.

Seperti dilansir dari Indian Express (Minggu, 13/9/2015), para peneliti menilai, selain tentunya menyehatkan tubuh secara umum, kandungan vitamin, mineral, dan protein yang tinggi di dalam ikan dapat membantu mengurangi resiko depresi.

“Kualitas protein yang tinggi, vitamin dan mineral dalam ikan membantu mengendalikan depresi, di samping memang mengonsumsi ikan dalam jumlah banyak merupakan indikator diet sehat dan penuh nutrisi,” jelas seorang peneliti.

Namun demikian, para peneliti juga mengatakan bahwa perlu dilakukan penelitian yang lebih jauh lagi untuk menjawab pertanyaan apakah efek pengurangan resiko depresi ini dipengaruhi oleh jenis ikan yang dikonsumsi atau tidak.

“Konsumsi ikan lebih tinggi bermanfaat mencegah depresi. Studi di masa mendatang dibutuhkan untuk mengetahui apakah hal ini berhubungan dengan jenis ikan yang dikonsumsi,” papar peneliti.

Sebagai gambaran, depresi telah menyerang sekitar 350 juta orang di seluruh dunia. Bahkan, depresi juga diprediksi menjadi penyebab kematian terbanyak kedua di dunia pada tahun 2020, bila tuntutan dan gaya hidup manusia modern tidak berubah dalam kurun waktu tersebut. (Deni Suroyo – sisidunia.com)