Home » News » Jonru Hubungkan Crane Jatuh Di Makkah Dengan Kedatangan Jokowi Di Jeddah

Jonru Hubungkan Crane Jatuh Di Makkah Dengan Kedatangan Jokowi Di Jeddah



Jakarta – Peristiwa berdarah yang terjadi di Masjidil Haram, Jeddah, Arab Saudi, menarik perhatian seluruh umat muslimin di dunia. Akibat badai es dan angin, sebuah crane jatuh dan menimpa banyak jamaah haji yang akan beribadah shalat.

Jonru Hubungkan Crane Jatuh Di Makkah Dengan Kedatangan Jokowi Di Jeddah

Sejumlah reaksi pun datang dari dalam negeri. Namun yang paling menarik adalah sebuah ulasan singkat yang mengubungkan kejadian ini dengan pendaratan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jeddah.

Tulisan ini dibuat oleh Jonru. berikut adalah artikel yang dibuatnya seperti dilansir dari attasites (Sabtu, 12/9/2015).

Crane timpa ratusan jamaah di Makkah, saat Jokowi mendarat di Jeddah

Musibah menimpa jamaah haji di Masjidil Haram, Makkah. Akibat badai, sebuah crane jatuh dan menimpa para jamaah haji. Dikabarkan sedikitnya 65 orang tewas dan 80 luka-luka. Saat peristiwa nahas itu terjadi, Presiden Joko Widodo baru mendarat di Jeddah, Arab Saudi untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara di Timur Tengah.

Jokowi yang didampingi oleh oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Alwi Shihab ini mendarat di Jeddah sekitar pukul 18.31 waktu setempat.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan insiden itu terjadi bertepatan dengan mendaratnya pesawat berisi rombongan RI-1. “Ada badai luar biasa kencang, tidak cuma di Makkah tapi di Jeddah juga, Pak Jokowi juga pas mendarat,” ujarnya lewat pesan singkat, Sabtu (12/9).

Awalnya, pihak kerajaan Arab Saudi akan melakukan upacara sambutan kedatangan Jokowi beserta rombongan yang dipimpin oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis. Namun, dikarenakan hujan deras yang disertai angin kencang membuat upacara tersebut dibatalkan.

Sesampainya di Jeddah, Jokowi dan rombongan langsung menuju menuju Istana King Faisal untuk menginap. membenarkan insiden itu akibat badai kencang menerjang Makkah. Alat berat tersebut jatuh menimpa puluhan jamaah. Sedikitnya 20 jamaah asal Indonesia luka-luka. Sementara satu jamaah, info beredar bernama Masnauli Hasibuan tewas.

“Jumlahnya masih didata. Sejauh ini sekitar 20 jamaah yang kita ketahui. Ini terus dipantau. Korban jiwa ada satu orang,” imbuh Menag.

Pemerintah sejauh ini terus mengidentifikasi data korban WNI. Menag meminta keluarga jamaah haji di Indonesia tetap tenang sembari menunggu informasi terbaru.

Bagaimana tanggapan Anda? (Yayan – sisidunia.com)