Home » News » Hati-hati, Data Pribadi Anda Bisa Dimanfaatkan Ketika Gunakan Jasa Ojek Online

Hati-hati, Data Pribadi Anda Bisa Dimanfaatkan Ketika Gunakan Jasa Ojek Online



Jakarta – Menjamurnya layanan ojek berbasis aplikasi online tak lepas dari minat tinggi yang ditunjukkan masyarakat. Namun tahukah Anda jika ternyata kerahasiaan dari data pelanggan sama sekali tidak dijamin? sehingga sangat rawan terjadi penyalahgunaan.

Hati-hati, Data Pribadi Anda Bisa Dimanfaatkan Ketika Gunakan Jasa Ojek Online

Beberapa kasus penyelewengan data pelanggan oleh oknum pengendara ojek sudah pernah terjadi. Seperti teror oleh pengendara ojek online karena pelanggan yang memberi testimoni buruk, hingga ada pengendara ojek online yang nekat mengirim sms rayuan ke mantan pelanggannya.

Heru Sutadi selaku Direktur Eksekutif Indonesia Information and Communication Technology Institute mengungkapkan bahwa seharusnya penyedia layanan aplikasi online dapat menjaga privasi para pelangannya.

“Jadi data itu kan tidak semuanya boleh di share. Mungkin kalau nama atau ID nya saja iya boleh, tapi kan harus diberikan pilihan juga, apakah orang boleh memberikan testimoni atas sebuah layanan, tanpa membuka atau memperlihatkan data pribadinya seperti nomor telepon atau alamat,” ujar Heru.


Baca juga:
Terungkap, Ternyata Ada Trik Curang Agar Pengemudi Gojek Bisa Raup Penghasilan 10 Juta Keatas
Jokowi Damaikan Ojek Pangkalan Dan Gojek Saat Makan Siang

Heru juga menambahkan, seharusnya data pelanggan hanya boleh diketahui oleh operator dari penyedia jasa dan tidak mudah diakses sembarangan. Hal tersebut untuk meminimalisir penyalahgunaan oleh pihak tak bertanggungjawab, seperti oknum pengendara (driver) ojek online. (Rani Soraya – sisidunia.com)