Home » Sport » Racer Asal Italia Berkibar Di MotoGP 2015

Racer Asal Italia Berkibar Di MotoGP 2015



Silverstone – GP Inggris 2015 mengeluarkan Valentino Rossi sebagai pemenang. Kondisi Sirkuit Silverstone yang basah membuat jalannya balapan cenderung kurang menarik, sebab Marc Marquez terjatuh, sementara Jorge Lorenzo tidak optimal. Sehingga The Doctor melaju sendirian di depan.

Racer Asal Italia Berkibar Di MotoGP 2015

Di podium, Rossi ditemani oleh dua pembalap asal Italia lainnya yakni Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. All-Italian podium di Silverstone melanjutkan catatan impresif pembalap-pembalap asal Negeri Pizza di MotoGP 2015.

Secara keseluruhan, jalannya MotoGP 2015 tak melulu dihiasi Rossi, Lorenzo, Marquez, dan Dani Pedrosa. Pembalap-pembalap yang sejatinya kurang beken seperti Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, bahkan Danilo Petrucci pun menggeliat di musim ini. Berikut fakta-fakta menarik yang sudah dirangkum MotoGP.com mengenai catatan impresif para pembalap Italia, Sabtu (5/9/2015).

1. Valentino Rossi mengantongi empat kemenangan musim ini, yang menjadi salah satu catatan kemenangan tertinggi untuk kontestan asal Italia sejak 2009. Di tahun itu, Rossi mengklaim enam kemenangan dan Andrea Dovizioso satu kali juara pertama.

2. Lomba di Silverstone adalah seri kedua musim ini yang berakhir all-Italian podium. Satu lainnya adalah saat di Qatar, yang mana itu adalah kali pertama sejak Motegi 2006.

Kemenangan Dramatis Rossi

3. Empat pembalap Italia secara bergantian sudah menginjakkan kaki di podium MotoGP musim ini. Catatan serupa pernah diraih pada 2005 saat Valentino Rossi, Marco Melandri. Loris Capirossi, dan Max Biaggi finis di zona podium.

4. Dengan 20 finis podium hingga enam seri sisa di MotoGP 2015, catatan ini adalah yang tersukses buat para pembalap asal Italia sejak 2006. Saat itu, para pembalap Negeri Pizza mengklaim 25 podium dalam satu musim penuh.

5. Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone pernah menyabet pole position. Terakhir kali Italia memiliki tiga pembalap berbeda yang start terdepan terjadi pada 2003 melalui Valentino Rossi, Loris Capirossi, dan Max Biaggi. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)