sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Peristiwa Tolikora, Bukti Pemerintah Gagal Ciptakan Toleransi

Peristiwa Tolikora, Bukti Pemerintah Gagal Ciptakan Toleransi



Jakarta – Human Right Watching Group (HRWG) menganggap bahwa sebenarnya kekerasan yang terjadi di Papua sebagai bentuk pelanggaran atas hak kebebasan beragama dan berkeyakinan yang selama ini dijamin di Indonesia.

Peristiwa Talikora, Bukti Pemerintah Gagal Ciptakan Toleransi

Dalam keterangan persnya, Selasa (21/7), Direktur Eksekutif HRWG Rafendi Djamin menyatakan bahwa sebenarnya kejadian ini tidak lepas dari kegagalan negara dalam membangun sikap toleransi dan saling menghormati diantara pemeluk agama saat menjalankan ibadah.

Sebenarnya toleransi ini tumbuh dengan sendirinya berasal dari tatanan sosial masyarakat. Dengan sebagai kuncinya adalah para tokoh agama dan masyarakat. Walaupun demikian, pemerintah di daerah mempunyai kewajiban memberikan fasilitas toleransi dan juga membangun dialog antar agama.

Dipastikan oleh Rafendi bahwa sebenarnya konflik tersebut tidak akan terjadi jika adanya dialog yang difasilitasi oleh pemerintah setempat dan kepolisian. Alhasil terjadi konflik dan memakan korban, hal ini menunjukkan bahwa tatanan toleransi kita sudah hancur, pungkas Rafendi. (Tita Yanuantari – sisidunia.com)