sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Hati-hati Ketika Mengucek Mata, Bisa Berakibat Seperti Ini

Hati-hati Ketika Mengucek Mata, Bisa Berakibat Seperti Ini



Jakarta – Hampir semua orang pasti pernah melakukannya, mengucek mata adalah hal yang biasa dilakukan kalau mata terasa gatal. Ternyata tindakan tersebut juga bisa membahayakan kesehatan mata kita.

Hati-hati Ketika Mengucek Mata, Bisa Berakibat Seperti Ini

Dengan mengucek area mata akan menimbulkan tekanan terhadap bola mata secara keras, dan pastinya setelah itu amat akan merasa sedkit perih dan merah.

Namun kita sering tidak menyadari kalau tangan kita masih belum seteril dan bisa jadi juga kotor. Dan itulah makin membahayakan mata kita.

“salah satu tindakan yang bisa membahayakan mata adalah Mengucek mata, olah raga yoga dengan posisi kepala di bawah, tidur dengan posisi tengkurap adalah berbagai aktivitas yang sangat menyebabkan penekanan mata meningkat,” kata Professor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science.

Jika dibandingkan dengan silaunya cahaya lampu, mengucek mata adalah aktifitas yang sangat menghasilkan penekanan terhadap mata. Mengucek mata bisa menghasilkan lima tekanan lebih keras dari batas normal.

Untuk menghindari bahaya tersebut, kita bisa menghindarinya dengan menunduk atau tidur dengan alas bantal yang bersih. Karena bantal biasanya juga terdapat kotoran yang tidak terlihat dan menyebabkan iritasi bagi mata.

Yang paling pasti adalah kita harus bisa menghindari mengucek mata sebisa mungkin, jika merasa teramat gatal seharsunya memeriksakan ke dokter spesialis yang sudah berpengalaman. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)