Home » Gaya Hidup » Jutaaan Pemuda Di Jepang Menderita Penyakit Hikikomori

Jutaaan Pemuda Di Jepang Menderita Penyakit Hikikomori



Tokyo โ€“ Hampir satu juta pemuda di Jepang diberitakan terjangkit penyakit aneh yang diberi nama Hikikomori. Penyakit ini menyebabkan penderita menarik diri dari pergaulan dengan teman, bahkan keluarga, dan lebih memilih mengurung di dalam kamar.

Jutaaan Pemuda Di Jepang Menderita Penyakit Hikikomori

Dr Takahiro Kato dari Universitas Kyushu, Fukuoka, Jepang, mengatakan bahwa penderita Hikikomori umumnya adalah adalah pemuda yang berasal dari kalangan menengah ke atas dan terpelajar. Mereka dapat tahan mengisolasi diri selama bertahun-tahun, bahkan ada kasus penderita Hikikomori yang menarik diri dari kehidupan sosial selama 30 tahun.

Mereka umumnya akan menghabiskan hari-hari mereka dengan tidur di kamar, menjelajah internet, dan membaca komik.

Dokter yang pada masa mudanya juga sempat terjangkit penyakit ini lebih jauh mengatakan bahwa faktor lingkungan, khususnya keluarga, mempunyai peranan penting dalam makin besarnya kasus penyakit Hikikomori terjadi di Jepang.

Budaya keluarga di Jepang yang sangat berbeda dengan budaya barat membuat pemuda di Jepang sangat rentan terkena panyakit tersebut. Keluarga kelas menengah di Jepang terlalu memanjakan dan melindungi anak-anaknya, khususnya anak laki-laki, sehingga beberapa anak menjadi sangat sulit untuk menjadi mandiri. Bahkan beberapa keluarga cenderung membiarkan anaknya mengurung diri.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan mengatakan penderita Hikikomori sebagai orang-orang yang tidak berpartisipasi dalam masyarakat, terutama bekerja atau belajar, dan tidak memiliki hubungan dekat di luar anggota keluarga.

Penderita Hikikomori yang sebagian besar adalah lulusan universitas terbaik dan ternama ini sebenarnya dapat berpengaruh besar terhadap perekonomian di Jepang bila mereka mau bangkit dan berkarya bagi keluarga dan negaranya. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)